Pesantren Kilat SMP Negeri 1 Toboali Sukses Digelar, Ini Harapan Kepala Sekolah

SUARABAHANA.COM — Pesantren kilat adalah salah satu kegiatan di SMP Negeri 1 Toboali yang dilaksanakan saat bulan suci Ramadhan setiap tahunnya. Untuk tahun 2023 ini, pesantren kilat ini sukses digelar.

Pesantren kilat dapat disebut semacam ‘short course’ untuk memperdalam ilmu agama. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, 12 – 14 April 2023 dan diperuntukkan bagi siswa-siswi SMP Negeri 1 Toboali.

Kepala SMP Negeri 1 Toboali, Siti Khalimi, S.Pd kepada wartawan, Jumat (14/4/2023), mengatakan banyak manfaat yang akan didapat saat mengikuti pesantren kilat.

“Salah satunya mendapatkan ilmu keagamaan yang lebih mendalam dan mempererat silaturahmi dengan teman – teman sebaya,” ujar Siti.

Menurut dia, selama mengikuti pesantren kilat, para peserta akan diberi pelajaran dan pemahaman mengenai keislaman secara lebih mendalam.

“Saya pribadi sebagai kepala sekolah SMPN 1 Toboali sangat setuju kegiatan ini dijadikan agenda rutinitas tiap tahunnya. Hasil pemantauan saya selama 3 hari, siswa -siswi sangat antusias,” tambah Siti.

Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan setiap harinya diawali dengan Sholat Dhuha dan Yasinan bersama para guru dan pegawai diikuti seluruh peserta didik di halaman upacara.

“Selanjutnya diisi dengan tausiyah dan perlombaan seperti lomba azan, kaligrafi, sholawat dan lainnya. Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah lomba dan buka puasa bersama yang dihadiri ketua Komite Sekolah, Bhabinkamtibmas, Koramil Toboali dan tamu undangan lain.

Kami sangat berharap dengan adanya pesantren kilat ini para siswa dapat meningkatkan kecerdasannya baik dihati, secara lisan maupun perbuatan,” tandas Siti Khalimi.