Tumbuhkan Budaya Literasi, Puluhan Siswa SMPN 1 Toboali Kunjungi Perpusda Bangka Selatan

SUARABAHANA.COM — Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka Selatan yang telah diresmikan November 2023 lalu menjadi salah satu destinasi siswa untuk meningkatkan literasinya. Termasuk siswa SMPN 1 Toboali yang turut mengunjungi Perpusda Bangka Selatan pada Jumat (15/12/23).

Perpustakaan yang menyediakan banyak sumber literasi dan media untuk membantu siswa dalam belajar sambil bermain inilah yang mendorong Kepala SMPN 1 Toboali, Siti Khalimi, untuk memberikan ruang bagi siswa SMPN 1 Toboali untuk menggali ilmu dan sumber literasi di Perpusda Bangka Selatan.

Tak hanya itu, kunjungan ini juga bertujuan unuk meningkatkan minat literasi siswa SMPN 1 Toboali.

Saat mengunjungi Perpusda Bangka Selatan, siswa tak hanya dipersilahkan untuk memilih dan membaca buku, akan tetapi juga ditunjukkan tata letak ruangan yang ada di Perpusda Bangka Selatan.

Selain itu juga diadakan sesi tanya jawab oleh pihak Perpusda Bangka Selatan kepada para siswa yang ingin menggali informasi lebih dalam mengenai literasi, jam kunjungan, maupun prosedur peminjaman buku di Perpusda Bangka Selatan.

Para siswa SMPN 1 Toboali juga merasa senang atas kesempatan yang mereka peroleh untuk dapat berkunjung ke Perpusda Bangka Selatan karena ada banyak hal yang dapat dieksplore di sana.

“Senang dan seru sekali dapat berkunjung ke Perpusda Bangka Selatan. Banyak hal yang dapat kita eksplore di sana. Selain itu, pertanyaan yang selama ini menjadi tanda tanya saya bisa terpecahkan saat sesi tanya jawabnya, “ ujar Filia Natali, salah satu siswa SMPN 1 Toboali.

Berdasarkan pertanyaan yang diajukan oleh filia mengenai penerbitan karya siswa, terjawab bahwa pihak Perpusda dapat memfasilitasi siswa yang ingin mempublikasi / menerbitkan karyanya.

Walaupun sempat terkendala akan kendaraan untuk berangkat menuju Perpusda Bangka Selatan mengingat siswa SMP belum diizinkan untuk mengendarai kendaraan, hal tersebut dapat teratasi berkat bantuan dari Satlantas Polres Bangka Selatan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kasatlantas Polres Bangka Selatan, IPDA Edi Yusuf, SH yang telah mengirimkan anggotanya, yakni Briptu Riki Firdaus dan Bripda Candra Agitia yang telah mendampingi siswa SMPN 1 Toboali menuju ke Perpusda Bangka Selatan,” ucap Siti.

“Harapan saya kedepannya tersedia fasilitas transportasi seperti Bus yang dapat memudahkan para siswa yang belum diizinkan mengendari kendaraan untuk dapat berkunjung ke Perpusda Bangka Selatan,” tambah Siti.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi, S.Pd.,M.M kepada Suara Bahana mengaku senang atas kunjungan siswa SMP Negeri 1 Toboali. Dia ingin dan berharap para siswa terus membuka wawasan.

“Alhamdulillah hari ini Perpusda Bangka Selatan mendapat kunjungan dari SMP Negeri 1 Toboali. Semoga kehadiran Perpusda Bangka Selatan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Bangka Selatan khususnya siswa,” ungkap Sumadi, Jumat (15/12/2023) pagi.

Penulis : Selvia Heryati
Sumber foto: Gresya