Peringatan HGN dan HUT PGRI di SMP Negeri 1 Toboali, Kepsek: Wujudkan Guru yang Sejati

SUARABAHANA.COM — Keluarga Besar SMP Negeri 1 Toboali memperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan penuh semangat. Upacara bendera yang diselenggarakan melibatkan seluruh dewan guru, staff tata usaha, dan siswa-siswi, Senin (27/11/2023).

Kegiatan upacara HGN dan HUT PGRI mencakup berbagai elemen, mulai dari pengibaran bendera merah putih hingga pembacaan puisi, pembacaan Kode Etik Guru, dan Ikrar Guru Indonesia.

Kepala SMP Negeri 1 Toboali, Siti Khalimi menyampaikan pesan penting, menekankan pentingnya mewujudkan guru yang sejati. Guru sejati, seperti disampaikan oleh kepala sekolah, adalah mereka yang menebar ilmu dengan ikhlas dan terus meningkatkan kompetensinya.

Berlandaskan Surat Edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, tema Hari Guru Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.” Logo tahun ini menggambarkan ikatan hati antara guru, murid, dan orang tua.

Hari Guru diperingati sebagai ungkapan terima kasih kepada para guru atas kontribusinya dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Dalam rangka HGN ke-78 dan HUT PGRI, SMPN 1 Toboali menyelenggarakan berbagai lomba, seperti tebak kata, cerdas cermat, dan sambung lirik.

Suasana hari itu terasa meriah dengan partisipasi dewan guru dalam kegiatan tersebut. Kepala Sekolah, Siti Khalimi, menyatakan kebanggaannya sebagai tenaga pendidik yang mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa membedakan suku, agama, dan tingkat sosial.

Dalam pernyataannya, Vera Triana, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), menyoroti dedikasi, loyalitas, dan pengabdian para guru sebagai suluh penerang bagi bangsa dan negara.

“Saya mengucapkan selamat HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 kepada para guru di seluruh tanah air. Semoga dedikasi, loyalitas, dan pengabdian para guru, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi suluh penerang bagi bangsa dan negara,” kata Vera.

Irsyad Fadil, Ketua OSIS SMPN 1 Toboali, juga menyampaikan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing dan membantu membentuk karakter diri mereka.

“Terimakasih untuk para guru dan seluruh pendidik. Semoga apa yang telah diberi kepada kami dalam membentuk karakter menjadi amal yang tak terhingga,” kata Fadil.

Merdeka Belajar, sebagai filosofi kebijakan pendidikan, mengambil inspirasi dari Ki Hajar Dewantara. Semboyan “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani” mencerminkan nilai utama seorang guru sebagai teladan, pemberi semangat, dan pembangkit kemandirian murid.

Dalam menyambut HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2023, kita mengucapkan selamat kepada para guru di seluruh tanah air. Semoga dedikasi mereka terus menjadi cahaya penerang untuk generasi bangsa.

Penulis: Boni

Fotografer: Ersa

 Link : suarabahana.com